Info Kesehatan

7 Tips Diet Keto bagi Pemula

Diet keto saat ini cukup popular diantara semua pola makan yang ada sehingga banyak yang berbondong-bondong untuk mencobanya. Namun tentu saja bagi Anda yang pemula dibutuhkan beberapa persiapan serta cara-cara khusus agar diet ini berhasil dan berat badan Anda menjadi berkurang. Terutama bagi Anda yang belum terbiasa dengan pola makan ketogenik yang lebih mengutamakan protein serta lemak dan menghindari konsumsi karbohidrat.

Padahal sebagai orang Indonesia, karbohidrat seperti nasi adalah makana yang utama. Karena itulah banyak yang gagal melakukan cara makan ini karena menganggapnya terlalu extrim dan diluar kebiasaan kita. Untuk menghindari kegagalan tersebut, cobalah untuk memperhatikan beberapa tips berikut agar diet Anda lebih berhasil.

  1. Mengetahui apa yang boleh apa yang tidak boleh

Memang kebanyakan orang tahu bahwa pada saat melakukan diet ketogenik ini Anda harus menghindari makan karbohidrat. Namun tidak jarang yang bingung apakah makanan tersebut mengandung karbohidrat atau tidak. Perlu diketahui bahwa karbohidrat tidak hanya terdapat di nasi ataupun roti saja. Makanan lain seperti kacang-kacangan bahkan buah serta sayuran ternyata juga mengandung karbohidrat. Jenis makanan yang tidak mengandung karbohidrat hanyalah daging, minyak serta lemak.

  1. Menyukai lemak

Biasanya orang menghindari makanan yang berlemak serta berminyak yang dikatakan tidak baik untuk kesehatan. Namun pada pola makan ketogenik justru Anda harus mengkonsumsi lebih banyak lemak serta minyak karena dari situlah energi untuk tubuh Anda berasal. Energi yang biasanya didapatkan dari karbohidrat akan digantikan sepenuhnya dengan lemak, minyak serta protein. Karena itulah pastikan Anda menyukai lemak sebelum memulai diet ini. Cobalah untuk mengganti nasi serta kentang dengan daging yang berprotein tinggi serta sayuran yang ditumis dengan minyak. Karena jika Anda merasa takut mengkonsumsi makanan yang berlemak serta berminyak tinggi maka diet ini tidak akan berhasil.

  1. Memasak

Cara yang terbaik agar diet Anda berhasil adalah dengan mengikuti resep diet keto yang sudah banyak diciptakan oleh para ahli. Resep ini tentunya sudah disesuaikan agar komposisinya mengikuti aturan yang seharusnya sehingga Anda jadi tidak binggung dalam memilihnya. Tentu saja jarang ada restoran yang khusus membuat menu tersebut untuk Anda. Karena itu cobalah untuk memasak makanan Anda sendiri agar menu yang Anda konsumsi sesuai dengan yang seharusnya.

  1. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat membuat nafsu makan Anda berkurang. Jadi Anda dapat mengganjal perut dengan meminum secangkir kopi. Namun khusus untuk kopi ketogenik dibuatnya sedikit berbeda. Alih-alih gula yang banyak mengandung karbohidrat Anda harus menambahkan mentega serta minyak kelapa kedalam kopi tersebut. Dengan adanya asupan lemak ini maka Anda dapat bertahan sedikit lebih lama sambil menyiapkan menu makan selanjutnya.

  1. Keto flu

Keto flu merupakan efek samping yang dialami beberapa orang saat sedang memulai diet khusus ini. Gejala yang terjadi adalah pandangan mata menjadi kabur dan tubuh akan merasa lemas seharian. Biasanya efek ini terjadi pada minggu pertama ataupun di sepuluh hari pertama Anda memulai diet ketogenik. Hal ini tidak berbahaya karena sebenarnya tubuh Anda sedang menyesuaikan dengan pola makan baru yang sedang dijalani jadi Anda tidak perlu terlalu takut. Cobalah untuk beristirahat dan mengurangi aktifitas sampai tubuh menyesuaikan dengan pola makan baru ini.

  1. Elektrolit

Akibat lain yang terjadi saat sedang memulai diet ketogenik adalah tubuh yang lebih banyak membuang air serta elektrolit karena penyesuaian yang terjadi. Karena itulah Anda harus menggantikan semuanya itu agar fungsi tubuh serta ginjal tidak terganggu. Untuk melakukannya Anda perlu menambahkan garam sebagai pengganti elektrolit pada makanan yang dikonsumsi. Sayuran hijau serta kaldu juga baik untuk menggantikan air serta elektrolit tersebut jadi cobalah untuk mengkonsumsinya lebih banyak dari biasanya.

  1. Waktu

Perlu diketahui bahwa diet ini bukanlah jenis diet yang diperuntukkan secara jangka panjang. Karena itulah perhitungkan kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk melakuannya dan berapa lama waktunya. Ingat bahwa setelah diet selesai Anda dapat kembali ke pola makan seperti biasanya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa membantu Anda memulai diet keto terutama untuk pemula yang belum pernah melakukannya.