Info Kesehatan, Seluruh Artikel

5 Posisi Tidur Yang Baik Agar Tidur Lebih Nyenyak

Anda memerlukan posisi tidur yang baik sangat diperlukan agar istirahat Anda lebih berkualitas dan lebih nyenyak sehingga energi dapat pulih. Terlebih setelah seharian beraktivitas yang tentunya membuat tubuh menjadi kelelahan. Dan jangan lupa bahwa Anda memerlukan istirahat sejumlah waktu tertentu sesuai dengan usia yang umumnya adalah 8 jam untuk dewasa per harinya. Agar dapat mengembalikan seluruh energi yang dikeluarkan maka tidak hanya waktu tidur yang cukup, namun Anda juga memerlukan posisi yang tepat. Terlebih karena posisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Posisi Tidur Yang Baik dan Benar

  1. Posisi tentara

Posisi ini digambarkan seperti tentara dimana Anda tidur dalam kondisi terlentang kemudian kedua lengan ditaruh di samping seperti tentara yang sedang siap siaga. Posisi ini baik untuk menjaga kesehatan leher serta tulang belakang karena posisinya yang lurus sehingga leher serta tulang belakang tidak tertekuk. Namun untuk Anda yang berbadan gemuk, posisi justru tidak baik karena dapat mengakibatkan sleep apnea. Namun untuk Anda yang tidak menderita obesitas, maka posisi ini tetap baik untuk dilakukan

  1. Posisi balok kayu

Pada posisi ini Anda tidur dengan tubuh berada pada posisi miring ke salah satu sisi dan lengan berada pada samping tubuh. Posisi ini baik untuk tulang belakang dan leher agar tidak sakit. Posisi ini juga mencegah terjadinya sleep apnea pada Anda yang berbadan gemuk sehingga menjadi alternatif dari posisi tidur tentara yang sebelumnya.

  1. Posisi janin

Posisi ini meniru posisi janin saat sedang berada di dalam kandungan dimana tubuh berada pada posisi miring ke salah satu sisi dengan berada agak membungkuk dimana lengan serta lutut diposisikan agak sedikut menekuk yang menyerupai posisi meringkuk. Posisi ini baik bagi kesehatan terutama bagi Anda yang sedang hamil dimana arah posisi tidur yang baik adalah untuk miring ke posisi kiri. Posisi ini dapat mencegah bayi yang ada di dalam kandungan untuk menekan hati dari ibu yang ada di bagian kanan tubuh. Selain itu posisi ini juga baik bagi Anda yang biasanya suka mendengkur untuk mengurangi dengkuran yang terjadi.

  1. Posisi bintang laut

Posisi ini digambarkan seperti bintang laut dimana Anda tidur dalam kondisi terlentang kemudian kedua lengan ditaruh ke atas dekat kepala. Posisi ini baik untuk kesehatan punggung serta dapat mencegah terjadinya jerawat maupun kerutan di wajah. Namun posisi ini dapat menyebabkan masalah seperti acid reflux terutama bagi yang memang sudah mengalami masalah tersebut sebelumnya.

  1. Posisi menggapai

Pada posisi ini Anda tidur dengan tubuh berada pada posisi miring ke salah satu sisi namun lengan tidak ditaruh di samping tubuh melainkan dijulurkan ke depan seperti menggapai. Posisi ini baik untuk leher serta tulang belakang namun kurang baik untuk lengan karena posisi yang dijulurkan ke depan membuat bahu jadi tidak cukup mendapatkan aliran darah karena tekanan yang terjadi cukup besar. Jika Anda sering tidur dalam posisi ini pastikan lengan tetap berada di kasur dan tidak melayang di udara tanpa dukungan apapun agar tekanan yang terjadi dapat dikurangi.

Demikianlah beberapa posisi tidur yang baik dan bisa diikuti sesuai dengan keadaan kesehatan Anda saat ini. Posisi mengikuti janin sepertinya adalah posisi yang paling popular dan banyak diikuti karena posisi ini memang mengikuti posisi alami sesuai dengan insting saat masih bayi, namun posisi lainnya juga pantas untuk dicoba.