Makanan dan Nutrisi, Seluruh Artikel

10 Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi

Vitamin E adalah salah satu jenis asupan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh Kita. Sebagian orang berpikir bahwa untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh maka cukup dengan mengonsumsi suplemen vitaminĀ  saja sudah cukup. Padahal ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin E tinggi di dalamnya. Tubuh Kita setidaknya memerlukan vitamin E sebanyak 15 mg dan itu harus bisa Kita penuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E karena tubuh Kita tak bisa memproduksi sendiri vitamin E.

BACA JUGA: Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

Apa Saja Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin E Dalam Kadar Tinggi

Dan dalam artikel berikut ini Kami memiliki kesempatan untuk membahas tentang beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E dalam kadar yang cukup tinggi. Mungkin beberapa di antaranya cukup sering Anda konsumsi karena memang bisa dengan mudah di dapatkan di sekeliling Kita.

  1. Biji-bijian

Untuk jenis makanan yang mengandung vitamin E dalam jumlah besar yang pertama adalah dengan konsumsi beberapa jenis biji-bijian. Di antaranya adalah seperti biji wijen dan biji bunga matahari. Untuk biji bunga matahari biasanya banyak di jadikan camilan di kala waktu senggang.

  1. Cabai merah

Tentu Anda sering bukan menambahkan cabai merah ke dalam masakan Anda untuk membuatnya bertambah sedap namun tahukah Anda bahwa ternyata bukan hanya itu saja manfaat yang bisa Kita dapatkan karena cabai merah juga bisa menyumbangkan sekitar 2,1 mg vitamin E ke dalam tubuh Kita.

  1. Pepaya

Untuk makanan selanjutnya yang mengandung vitamin E berasal dari golongan buah-buahan. Ada buah pepaya yang jika Kita mengonsumsinya bukan hanya akan mendapatkan manfaat dari serat yang di kandungnya saja namun juga untuk kandungan vitamin E yang memenuhi sekitar 17% dari kebutuhan tubuh Kita.

  1. Alpukat

Jenis buah yang lezat ini juga termasuk buah yang kaya akan kandungan vitamin E. Namun buah ini hanya bisa tersedia di waktu musim buahnya saja sehingga sering kali ada keterbatasan jumlah untuk mengonsumsinya. Buah alpukat bisa memenuhi kebutuhan vitamin E sebanyak 2 mg pada setiap buahnya.

  1. Kacang almond

Jika banyak orang menghindari konsumsi kacang-kacangan karena di khawatirkan mengandung lemak jahat atau kolesterol maka berbeda dengan kacang almond. Kacang yang satu ini merupakan jenis makanan yang paling tinggi kandungan vitamin E nya. Anda bisa mengonsumsi jenis kacang almond yang sudah berbentuk susu atau minyak jika kesulitan mendapatkan kacang almond utuh.

  1. Bayam

Sayur hijau yang satu ini pasti juga termasuk salah satu sayuran yang sering menjadi menu makanan Anda bukan? Sayur bayam juga mengandung vitamin E dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh Kita.

  1. Brokoli

Sering di jadikan pelengkap dalam pembuatan sayur sop membuat sayur brokoli pun banyak di cari para ibu. Sayur ini juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup untuk kebutuhan tubuh Kita.

  1. Tomat

Buah tomat juga memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Pilih buah tomat yang berwarna merah sempurna dan masih segar, warna merah yang terlihat menunjukkan kadar vitamin E yang tinggi di dalamnya.

  1. Paprika

Ini adalah sejenis sayuran yang masuk ke dalam golongan cabai. Dengan rasa yang unik yaitu perpaduan pedas dan manis, paprika banyak di konsumsi karena mengandung vitamin E yang cukup tinggi.

  1. Kiwi

Dan yang terakhir adalah buah kiwi. Buah yang memiliki kulit dengan rambut halus ini mengandung vitamin E yang juga cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh Kita. Sayangnya ini termasuk jenis buah dengan harga mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengonsumsinya.

Apa Akibat Jika Kita Kekurangan Vitamin E

Beberapa jenis makanan yang di sebutkan di atas adalah jenis makanan yang mengandung vitamin E yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh Kita. Lalu apa yang akan terjadi jika Kita kekurangan asupan vitamin E?

Tentunya ada akibat yang akan di alami oleh tubuh ketika kekurangan vitamin E. Di antaranya adalah bisa terjadi gangguan pada kulit tubuh dan wajah seperti misalnya menjadi terlihat kusam. Kemudian untuk anak usia sekolah yang paling terlihat adalah di mana terjadi kurangnya daya konsentrasi ketika sedang belajar di sekolah. Untuk ibu yang sedang hamil bisa terjadi anemia hingga bayi yang di lahirkan terancam prematur atau lahir dengan berat badan yang rendah. Serta memiliki kaitan yang sangat erat dengan kesehatan reproduksi dan resiko tinggi untuk mengidap penyakit jantung juga kanker.